Risman Taha Punya Kepekaan Sosial

LEGISLATOR ANDALAS – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo, Risman Taha dikenal sebagai tokoh muda yang cerdas, ramah, berintegritas dan memiliki kepekaan sosial. Aktivis mahasiswa Manado dan pemuda mengenalnya sebagai tokoh kharismatik yang disenangi dan dikagumi dikalangan kaum muda. Dirinya selalu tampil sederhana, kerap menyampaikann ide-ide cemerlang dan dikenal dekat dengan semua kalangan tanpa melihat latar belakang setiap orang.

Risman terpilih sebagai ketua DPRD Kota Gorontalo setelah berhasil mendulang suara terbanyak diantara calon legislatif golkar, termasuk partai lainnya pada pemilihan umum (Pemilu) April tahun 2019 lalu, yakni 3161 suara. Dirinya ini menilai politik adalah seni yang harus dipahami dengan baik. Kepercayaan sebagai wakil rakyat adalah pekerjaan mulia, karena setiap saat dapat berinteraksi dengan masyarakat, mendengarkan keluahan dan membantu menyelesaikanya.

” Bagi saya, yang terpenting bukanlah jabatannya, tetapi jauh lebih utama adalah memperjuangkan kepentingan masyarakat” ujarnya.

Sebelum berkecimpung didunia politik, dia banyak menjalani proses pembelajaran dan pengemblengan di organisasi kemahasiswaan, seperti HMI, organisasi kepemudaan, LPM, KNPI, Karang Taruna, Lembaga Swadaya Masyarakat dan organisasi lainnnya.

Pengalaman di organisasi ini membuat dia, cukup dikenal sebagai pemuda militan, pengalamanya bersentuhan langsung dengan masyarakat, melalui berbagai program. Bukti yang dia lakukan ini, Rabu (28/8/2019) kemarin, Ketua DPRD Risman Taha secara spontanitas mengundang temannya diruang kerja Ketua DPRD.

“Teman saya namanya ajis, ini adalah temannya saya sejak sekolah di SMP 6, teman satu kelas disekolah dan saya sangat bersyukur bisa bertemu dengan teman saya ini” ungkap Risman Taha.

Ajis yang berprofesi sebagai gojek ini mengakui, Risman Taha merupakan orang yang selalu sederhana disekolah. Bahkan pengakuannya, Risman Taha termasuk siswa yang cerdas dan pintar.

“Saya kenal pak Risman Taha selalu baik dengan teman-teman, dan sampai sekarang ini sekalipun sudah menjadi Ketua DPRD, sifat dan gayanya sama dengan dia masih sekolah, baik dengan siapa saja” ungkap ajis dengan gaya tersenyum mungil.

Seperti diketahui saat masih jadi mahasiswa, Risman Taha aktif di Organisasi, disitulah karakter terbentuk. Pertemannya semakin luas dan dirinya dapat menambah capacity building. Mengikuti kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Disela kesibukanya sebagai wakil rakyat, lulusan Fakultas Ekonomi UNSRAT ini, aktif pada kegiatan sosial di sejumlah organisasi, diantaranya sebagai Ketua Karang Taruna Kota, Ketua LPPM Kota Gorontalo, Ketua BKPRMI serta beberapa Organisasi lainya.

Baginya, menduduki jabatan ketua DPRD harus pandai membangun sinergitas antara legislatif dan eksekutif. Komunikasi legislatif dan eksekutif harus berjalan sinergis dalam menciptakan tata birokrasi pemerintahan yang lebih baik, good governance.

“Semua persoalan dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik, juga kebersamaannya di DPRD akan selalu dilakukannya”jelasnya.