Alat Kelengkapan DPRD

foto-seluruh

ALAT KELENGKAPAN DPRD KOTA GORONTALO

(PIMPINAN, BADAN, DAN KOMISI)

 

 

Berdasarkan undang – undang nomor 17 2014 tentang MPR, DPR, dan DPRD dan  peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2010 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD tentang tatatertib DPRD, serta dalam peraturan DPRD Kota Gorontalo nomor 01 Tahun 2014 tentang tata tertib DPRD Kota Gorontalo bahwa alat kelengkapan DPRD terdiri dari :

  1. Pimpinan;
  2. Badan Musyawarah;
  3. Komisi;
  4. Badan PembentukanPeraturanDaerah;
  5. Badan Anggaran;
  6. Badan Kehormatan;
  7. Dan Alat Kelengkapan Lain Yang Diperlukan Dan Dibentuk Oleh Rapat Paripurna

A. PIMPINAN
Pimpinan DPRD Mempunyai Tugas:

  1. Memimpin sidang DPRD dan menyampaikan hasil sidang untuk diambil keputusan;
  2. Menyusun rencana kerja pimpinan dan mengadakan pembagian kerja antara ketua dan wakil ketua;
  3. Melakukan koordinasi dalam upaya mensinergikan pelaksanaan agenda dan materi kegiatan alat kelengkapan DPRD;
  4. Menjadi juru bicara DPRD;
  5. Melaksanakan dan memasyarakatkan keputusan DPRD;
  6. Mewakili DPRD dalam berhubungan dengan lembaga/instansi lainnya;
  7. Mengadakan konsultasi dengan kepala daerah dan pimpinan lembaga / instansi lainnya sesuai dengan keputusan DPRD;
  8. Mewakili DPRD di pengadilan;
  9. Melaksanakan keputusan DPRD berkenanan dengan penetapan sanksi atau rehabilitasi Anggota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  10. Menyusun rencana Anggaran DPRD bersama Sekretariat DPRD yang pengesahannya dilakukan dalam rapat Paripurna; dan
  11. Menyampaikan laporan kinerja pimpinan DPRD dalam rapat Paripurna DPRD yang khusus diaadakan untuk itu.

Susunan Pimpinan DPRD Kota Gorontalo

  1. Fedriyanto Koniyo, ST       : Ketua DPRD Kota Gorontalo
  2. Ir. Hj.Ketty P. Mayulu        : Wakil Ketua I DPRD Kota Gorontalo
  3. Hi. Erman Latjengke         : Wakil Ketua II DPRD Kota Gorontalo

B. BADAN MUSYAWARAH
Badan Musyawarah Mempunyai Tugas  :

  1. Menetapkan agenda DPRD untuk 1 ( satu ) tahun sidang, 1 ( satu ) masa persidangan, atau sebagian dari suatu masa sidang, perkiraan waktu penyelesaian suatu masalah, dan jangka waktu penyelesaian rencana peraturan daerah, dengan tidak mengurangi kewenangan rapat paripurna untuk mengubahnya;
  2. Memberikan pendapat kepada pimpinan DPRD dalam menentuka garis kebijakan yang meyangkut pelaksanaan tugas dan wewenang DPRD;
  3. Meminta dan/atau memberikan kesempatan kepada alat kelengkapan DPRD yang lain untuk memberikan keterangan/penjelasan mengenai pelaksanaan tugas masing – masing;
  4. Menetapkan jadwal acara rapat DPRD;
  5. Memberi saran / pendapat untuk memperlancar kegiatan;
  6. Merekomendasikan pembentukan Panitia Khusus; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang diserahkan oleh rapat paripurna kepada Badan Musyawarah

Berdasarkan SK No 2 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Keputusan DPRD Kota Gorontalo No 9 Tahun 2014 Tentang Pembentukan Badan Musyawarah DPRD Kota Gorontalo. Susunan Keanggotaan Badan Musyawarah DPRD Kota Gorontalo Periode 2014-2019 adalah sebagai berikut :

  1. Fedriyanto Koniyo, ST : Ketua
  2. Hj. Ketty P. Mayulu : Wakil Ketua I
  3. Erman Latjengke : Wakil Ketua II
  4. Darlina Dihuma : Anggota
  5. Fadly Dungga, SE : Anggota
  6. Syafrudin J. Djunaidi : Anggota
  7. Rolly Kadullah : Anggota
  8. Darmawan Duming : Anggota
  9. Ekwan Ahmad, SH : Anggota
  10. Junus Antula : Anggota
  11. Mucksin Brekat : Anggota
  12. Lenny Ontalu, SE : Anggota
  13. Sutarto : Sekretaris Bukan Anggota

C. KOMISI
Komisi Mempunyai Tugas :

  1. Mengupayakan terlaksananya kewajiban daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan;
  2. Melakukan pembahasan terhadap rancangan peraturan daerah dan rancangan keputusan DPRD;
  3. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan APBD sesuai dengan ruang lingkup tugas komisi;
  4. Membantu pimpinan DPRD untuk mengupayakan penyelesaian masalah yang disampaikan oleh kepala daerah dan / atau masyarakat kepada DPRD;
  5. Menerima, menampung dan membahas serta menindaklanjuti aspirasi masyarakat;
  6. Memperhatikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah;
  7. Melakukan kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan pimpinan DPRD;
  8. Mengadakan rapat kerja dan rapat dengar pendapat;
  9. Mengajukan usul kepada pimpinan DPRD yang termasuk dalam ruang lingkup bidang tugas masing – masing komisi ; dan
  10. Memberikan laporan tertulis kepada pimpinan DPRD tentang hasil pelaksanaan tugas komisi.

Sesuai dengan ketentuan tata tertib DPRD, banyaknya komisi disesuaikan dengan jumlah Anggota DPRD, danuntukDPRD Kota Gorontalo hanya terdiri dari 3  (Tiga) Komisi Yaitu :

  1. Komisi A : Bidang Pemerintahan dan Kesra
  2. Komisi B : Bidang Perekonomian dan Keuangan
  3. Komisi C : Bidang Pembangunan

Berdasarkan Surat Keputusan DPRD Kota Gorontalo Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan DPRD Kota Gorontalo Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Pembentukan Komisi-komisi DPRD Kota Gorontalo. Susunan Keanggotaan Komisi-Komisi sebagai berikut:

Komisi A (Bidang Pemerintahan dan Kesra):

  1. Syafrudin J. Djunaidi : Ketua
  2. Lukman Alinti, S.Ag :Wakil Ketua I
  3. Hardi Sidiki : Wakil Ketua II
  4. Betty Ibrahim, S.Pd : Sekretaris
  5. Lenny Ontalu, SE : Anggota
  6. Darmawan Duming, S.Ip : Anggota
  7. Hi. Zulkarnain M. Dunda : Anggota
  8. Sahlan Tapulu, S.Ip : Anggota

RuangLingkup Komisi “A” (Bidang Pemerintahan, Hukum dan kesra), meliputi :

Pemerintahan, keamanan dan ketertiban, Infokom/Pers, Hukum/Perundang-undangan, Kepegawaian/Aparatur, Statistik dan kependudukan, prijinan, pembinaan kesatuan bangsa, pertanahan, pengawasann organnisasi msyarakat, ketenagakerjaan dan kesejahteraann sosial, pendidikan. Ilmu pengetahuan dan teknologi, kepemudaan dan oleh raga, agama, kebudayaan, kesehatan dan keluarga berencana, pemeberdayaan perempuan.

Komisi B ( Bidang Perekonomian Dan Keuangan):

  1. Ariston Tilameo : Ketua
  2. Rolly Kadullah : Wakil Ketua I
  3. Junus Antula : Wakil Ketua II
  4. Fadly Dungga, SE : Sekretaris
  5. Ekwan Ahmad, SH : Anggota
  6. Darlina Dihuma : Anggota
  7. Mucksin Brekat, SH : Anggota

RuangLingkup Komisi “B” (Bidang Perekonomian dan Keuangan), meliputi :

Perdagangan, perindustrian, pertanian, logistik, koperasi/UMKM, pariwisata, keuangan daerah, perpajakan/retribusi, perbankan, perusahaan daerah, dunia usaha dan penanaman modal.

Komisi C (Bidang Pembangunan):

  1. Hais Karel Nusi : Ketua
  2. Syamsudin Umar, S.Ip : Wakil Ketua I
  3. Tien Suharti Mobiliu, SE : Wakil Ketua II
  4. Jemmy Mamangkey : Sekretaris
  5. Moh Rivai Bukusu : Anggota
  6. Onis Djafar Akuko : Anggota
  7. Yolan Polontalo : Anggota

RuangLingkup Komisi “C” (Bidang Pembangunan), meliputi :

BAPPEDA dan penanaman modal, pekerjaan umum, lingkungan hidup, perhubungan, pertambangan dan energi, perumahan rakyat, dinas tata kota dan pertamanan.

D. BADAN PEMBENTUKAN PERATURANDAERAH
Badan PembentukanPeraturan Daerah Bertugas :

  1. Menyusun rancangan program legislasi daerah yang memuat daftar urutan dan prioritas rancangan peraturan daerah beserta alasannya untuk setiap tahun anggaran dilingkungan DPRD;
  2. Koordinasi untuk penyusunan proggram legislasi daerah antara DPRD dan pemerintah daerah;
  3. Menyiapkan rancangan peraturan daerah usul DPRD berdasarkan proggram priorotas yang telah ditetapkan;
  4. Melakukan pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi rancangan peraturan daerah yang diajukan Anggota, komisi dan/atau gabungan komisi sebelum rancangan peraturan daerah tersebut disampaikan kepada pimpinan DPRD;
  5. Memberikan pertimbangan terhadap rancangan peraturan daerah yang diajukan oleh anggota, komisi dan/atau gabungan komisi, diluar prioritas rancangan peraturan daerah tahun berjalan atau diluar rancangan peraturan daerah yang terdaftar dalam program legislasi daerah ;
  6. Mengikuti perkembangan dan melakukan evaluasi terhadap pembahasan materi muatan rancangan peraturan daerah melalui koordinasi dengan komisi dan/atau panitia khusus;
  7. Memberikan masukan kepada pimpinan DPRD atas rancangan peraturan daerah yang ditugaskan oleh Badan Musyawarah; dan
  8. Membuat laporan kinerja pada masa akhir keanggotaan DPRD baik yang sudah maupun yang belum terselesaikan untuk dapat digunakan sebagai bahan oleh komisi pada masa keanggotaan berikutnya.

Berdasarkan Surat Keputusan DPRD Kota Gorontalo No 4 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan DPRD Kota Gorontalo No 8 Tahun 2015 Tentang Badan Pembentukan Perda Kota Gorontalo. Susunan Keanggotaan Badan Pembentukan Perda Sebagai berikut :

  1. Hi. Zulkarnain M. Dunda : Ketua
  2. Betty Ibrahim, S.Pd : Wakil Ketua
  3. Syamsudin Umar, S.Ip : Anggota
  4. Tien Suharti Mobiliu, SE : Anggota
  5. Yolan Polontalo : Anggota
  6. Hardi Sidiki : Anggota
  7. Darmawan Duming, S.Ip : Anggota
  8. Mucksin Brekat, SH : Anggota
  9. Sutarto : Sekretaris Bukan Anggota

E. BADAN ANGGARAN
Badan Anggaran Mempunyai Tugas :

  1. Memberikan saran dan pendapat berupa pokok pikiran DPRD kepada kepala daerah dalam mempersiapkan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah paling lambat 5 ( Lima ) bulan sebelum ditetapkan APBD;
  2. Melakukan konsultasi yang dapat diwakili oleh anggotanya kepada komisi terkait untuk memperoleh masukan dalam rangka pembahasan rancangan kebijakan umum APBD serta prioritas dan plafon anggaran sementara;
  3. Memberikan saran dan pendapat kepada kepala daerah dalam mempersiapkan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD dan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD;
  4. Melakukan penyempurnaan rancangan peraturan daerah tentang APBD dan rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD berdasarkan hasil evaluasi Menteri Dalam Negeri bagi DPRD Provinsi dan Gubernur bagi DPRD Kabupaten/Kota bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah;
  5. Melakukan pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah terhadap rancangan kebijakan umum APBD serta rancangan prioritas dan palfon Anggaran sementara yang disampaikan oleh kepala Daerah; dan
  6. Memberikan saran kepada pimpinan DPRD dalam penyusunan anggaran belanja DPRD.

Berdasarkan Keputusan DPRD Kota Gorontalo Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Keputusan DPRD Nomor 10 Tahun 2014 Tentang Pembentukan Badan Anggaran DPRD Kota Gorontalo. Susunan Keanggotaan Badan Anggaran sebagai berikut :

  1. Fedriyanto Koniyo, ST : Ketua
  2. Hj. Ketty P. Mayulu : Wakil Ketua
  3. Erman Latjengke : Wakil Ketua
  4. Hais Karel Nusi : Anggota
  5. Lukman Alinti, S. Ag : Anggota
  6. Jemmy Mamangkey : Anggota
  7. Betty Ibrahim, S.Pd : Anggota
  8. Ariston Tilameo : Anggota
  9. Tien Suharti Mobiliu, SE : Anggota
  10. Onis Jafar Akuko : Anggota
  11. Hardi Sidiki : Anggota
  12. Sahlan Tapulu, S.Ip : Anggota
  13. Sutarto : Sekretaris Bukan Anggota

F. BADAN KEHORMATAN
Badan Kehormatan DPRD Mempunyai Tugas :

  1. Memantau dan mengevaluasi disiplin dan/atau kepatuhan terhadap moral, kode etik, dan/atau peraturan tata tertib DPRD dalam rangka menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD;
  2. Meneliti dugaan pelanggaran yang dilakukan anggota DPRD terhadap peraturan tata tertib dan/atau kode etik DPRD;
  3. Melakukan penyelidikan, verivikasi, dan klarivikasi atas pengaduan pimpinan   DPRD, Anggota DPRD, dan/atau masyarakat; dan
  4. Melaporkan keputusan Badan Kehormatan atas hasil penyelidikan, verivikasi, dan klarifikasi sebagaimana dimaksud pada huruf (C) kepada rapat Paripurna DPRD. Dalam melaksanakan penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi sebagaimana dimaksud, Badan Kehormatan dapat meminta bantuan padaahli independen.

Berdasarkan Surat Keputusan DPRD Kota Gorontalo Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Keputusan DPRD Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Pembentukan Badan Kehormatan DPRD Kota Gorontalo. Susunan Keanggotaan Badan Kehormatan sebagai berikut :

  1. Samsudin Umar,S.Ip : Ketua
  2. Jemmy Mamangkey : Wakil Ketua
  3. Hais Karel Nusi : Anggota
  4. Drs.Sutarto    : Sekretaris Bukan Anggota